4

10 Alasan Kenapa Nulis Di Blog Itu Menyenangkan

Jika engkau bukan anak raja, dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis – Al Ghazali

10 Alasan Kenapa Nulis Di Blog Itu Menyenangkan – Akhir-akhir ini saya sedang senang menulis. Ya, menulis. Tapi medianya bukan lagi buku semacam diary seperti zaman muda dulu (ciee). Saya menulis di blog. Saya menulis tentang apapun yang ingin saya tulis; tentang film, buku, blogging, kejadian sehari-hari, atau tulisan yang di lombakan, semacam SEO Contest.
Ada ungkapan, penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Dengan banyak menulis saya ingin mengembalikan hobi membaca saya yang mulai menghilang, membaca dengan arti yang sebenarnya; membaca dengan memegang buku! Android mengambil alih peran buku di kehidupan saya akhir-akhir ini.

tuturahmad
Kemudian, kenapa saya memilih blog sebagai media saya menulis, bukan lagi buku harian atau diary? Karena kalau di blog selesai nulis ga perlu terus di kunci gembok seperti diary zaman dulu, biar ga dibaca sama kakak-kakak yang so kepo. Jiahahaha
Bohong ketang. Ada beberapa alasan kenapa saya nyaman nulis di blog, sebagaimana yang saya kutip dari Hongkiat.

1. Blog adalah Resume Real Time
Blog mengenalkan siapa kita, apa pengetahuan dan keahlian yang kita miliki. Blog mengatakan kepada publik tentang apa yang kita lakukan, apa yang kita pahami dan kuasai.
Bisa dikatakan, blog kita adalah siapa kita. Apa yang kita tulis, apa yang kita tampilkan dan suguhkan ke pembaca adalah cerminan dari diri kita.
Makanya, menulislah yang baik dan berkualitas, tujuannya  tidak hanya mem-branding diri tapi juga memberi manfaat buat orang lain.

2. Blog Meningkatkan Kredibilitas dan Otoritas
Banyak perusahaan dan individu yang gencar melakukan branding dan promosi. Blogging adalah metode atau cara termudah melakukan promosi, pencitraan, atau branding.
Yang mereka lakukan biasanya mengadakan SEO Contest, Writing Blog Contest, Lomba Reviewproduk atau perusahaan. Jika kualitas tulisan kita sudah bagus dan branding personal kita sudah terjaga tak jarang perusahaan atau pihak yang sedang berpromosi menghubungi kita untuk dimintai ngereview, ngebranding, baik itu perusahaannya ataupun produknya. Dapat fulus deh. hehehe

3. Blog Membuat Networking Jadi Lebih Mudah
Blog membangun hubungan baru, mendatangkan potensi konsumen dan klien, juga teman dan jaringan baru. Yang tidak saling kenal di dunia nyata, jadi berteman di dunia maya.

Hidup di zaman kiwari yang serba canggih, jarak dan waktu seakan tak berbatas. Kita bisa dapat banyak teman dari seluruh penjuru dunia, padahal belum pernah bertemu di dunia nyata.

4. Blog Cara Bagus Menemukan Klien
Blog adalah sarana bisnis online dan media internet marketing. Jika kita mengisi blog tentang tips, trik, tutorial tentang sesuatu, dan kita ahli di bidang itu maka bukan tidak mungkin akan banyak yang minta bantuan kita, mengundang kita, dan menyewa kita sebagai trainer atau konsultan. Dapat fulus lagi.



5. Blog Bisa Menjadi Sumber Penghasilan
Kita bisa menjadikan blog sebagai sumber penghasilan (passive incom). Dengan blog, kita bisa menjadi publisher Google Adsense, mengikuti program afiliasi (Affiliate marketing), juga menjual produk dan jasa.
Selain tempat nulis, curcol, dan lain-lain, blog juga bisa dijadiin lapak jualan loh. Apalagi blog yang emang traffic-nya sudah hiruk pikuk. Ayo siapa yang hobi dagang?

Orang hidup dibatasi oleh usia. Namun, sebuah tulisan hidup untuk selamanya.


6. Blog Menjadikan Kita Komunikator yang Baik
It Makes You A Better Communicator. Ngeblog itu mengasah keterampilan komunikasi, khususnya komunikasi tulisan/menulis. Blogging membuat kita menjadi penulis. Keterampilan menulis kita akan terasah dengan baik.
Menulis setiap hari adalah rahasia penulis yang baik – What makes a good writer is that they write daily. Dengerin tuh!

7. Blog Mengubah Kita Jadi Guru
Postingan blog menyampaikan informasi sekaligus mendidik pembaca. Saat menulis, kita mengerahkan semua pengetahuan, dan dengan begitu kita menjadi guru bagi banyak orang.


Jadi guru men,  bukan lagi honorer! Ayo, ngeblog!


8. Blog Membuat Kita Belajar Hal Baru
Banyak hal baru yang akan kita dapatkan dengan ngeblog. bukan saja teman baru, wawasan baru, istri baru, tapi juga kita akan belajar marketing, SEO, riset kata kunci, desain web dan grafis, dan sebagainya.
Pokoknya kalau sudah ngeblog kita akan belajar banyak hal, menemukan banyak hal, karena pastinya kita bakal ngoprek. Do you know ngoprek?

9. It Helps You Strengthen Your Mind
Blogging merupakan cara hebat untuk bisa mengorganisasikan pikiran. Dengan menulis reguler, kita melatih diri sendiri untuk menyampaikan pesan secara jelas, lengkap, dan terstruktur – layaknya komunikator profesional. Kitulah pokonamah.



10. Blog Itu Mudah

It’s Easy! Yang kita butuhkan untuk blogging adalah niat, kemauan. Soal bisa dan tidaknya mengisi atau menulis postingan, akan terlatih dengan sendirinya.
Ini yang penting, niat! Ngeblog terjadi bukan hanya karena ada niat dari pelakunya tapi juga karena ada kesempatan. Cobalah, cobalah! (Gaya Bang Napi)
Awali dengan niat, Bismillah, pilih topik (bukan Emul atau Beben — ga ngerti ya?). Pilih topik yang disukai, dan dikuasai. Fokuslah di situ. Jangan takut untuk mencoba, trial and error. Nanti juga akan bisa. Bisa karena terbiasa.



”Tahu mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun ? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, jauh dikemudian hari.”Pramoedya Ananta Toer



Ahmad Andriana

4 Comments

Tinggalkan Balasan