Kesehatan

4 Tips Sederhana Mengatasi Kebiasaan Makan Berlebihan

4 Tips Sederhana
tuturahmad.com – Dalam dunia modern sekarang ini, banyak makanan instan dalam kemasan yang membuat kita sering makan atau ngemil. Makan yang seharusnya sebuah kebutuhan untuk hidup telah berubah menjadi sebuah kebiasaan yang nyaris tanpa tujuan. Ada orang makan apa saja karena stress, makan karena sedih, marah, dsb. Jadinya mereka makan dengan berlebihan. Hal ini biasa disebut Mindless Eating.
 
Mindless Eating didefinisikan sebagai makan makanan tanpa memikirkan apa dan berapa banyak makanan yang dimakan oleh kita. Hal ini terkait erat dengan makan karena bosan, atau makan hanya untuk mengisi waktu.
 
Mengapa bisa demikian?
 
Tertipu Mata
Ada orang-orang yang  merasa makan sedikit padahal mereka makan dengan sangat banyak  hanya karena mereka percaya pada penglihatan mereka. Pokoknya asal makan aja, asal ngunyah aja.
 
Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brian Wansink, seorang penulis “Mindless Eating: Mengapa Kita Makan Lebih dari Yang Kita Pikirkan”. Dalam penelitian ini melibatkan 54 peserta, masing-masing peserta diberi  sebuah mangkuk sup. 27 orang menerima mangkuk biasa dan 27 orang lainnya menerima mangkuk yang telah direkayasa sehingga volumenya dua kali lipat dari volume mangkuk biasa dan mereka tidak menyadarinya. Sepintas mangkuk sup itu tidak tampak ada perbedaan.
 
soup-png
Rata-rata, orang-orang dengan mangkuk biasa makan 8,5 ons sup, sedangkan peserta dengan mangkuk yang direkayasa makan 14,7 ons sup. Semua peserta memakan sup hingga habis. Wansink dan kelompok penelitiannya menemukan fakta bahwa kelompok dengan mangkuk rekayasa tidak menyadari bahwa mereka makan sup lebih banyak, meski mungkin mereka merasa lebih kenyang dari peserta yang hanya makan 8,5 ons sup.
 
Wansink menyimpulkan bahwa “orang menggunakan mata mereka untuk menghitung kalori bukan dengan perut mereka. Dengan demikian perhitungan secara visual sangat berpengaruh terhadap seberapa banyak makanan yang Anda makan.
 
Naluri Bertahan Hidup
Ketika makanan tersedia, secara alami kita akan memakannya. Apa lagi kalau gratis ya, sikat! ☺
 
Pada tingkat yang paling dasar, otak kita didesain untuk melakukan satu hal – bertahan hidup. Makanya ketika ada makanan tersedia kita akan memakannya meskipun perut tidak berasa lapar. Otak kita akan memerintahkan tangan untuk mengambil dan mulut untuk mengunyah. Otak memberikan komando untuk menyimpan cadangan energi berupa lemak pada tubuh.
 
Itulah kenapa kalian yang suka makan relatife berbadan subur karena menyimpan banyak energi berupa lemak.
 
Adanya Stimulan
Hal lain yang menyebabkan kita kecanduan makan sembarangan adalah karena adanya stimulan atau rangsangan. Berbagai macam stimulan bisa di dapat melalui televisi berupa iklan, efek obat nafsu makan, atau bisa juga dari penyedap makanan. Ini semua jenis rangsangan, yang menarik bagi indra perasa dan hormon kita.
 
Semua stimulan itu menarik bagi indera kita dan memicu hormon dopamin dan serotonin yang memberi kita perasaan nikmat dan membuat kita kecanduan. Ketika kita nonton tivi atau film sambil makan makanan ringan maka efeknya kita akan ketagihan memakan makanan ringan tersebut dan membuatnya ingin lagi dan lagi.
 

4 Tips Sederhana Mengatasi Kebiasaan Makan Berlebihan

Bagaimana mengatasi kebiasaan makan sembarangan? Tidak mungkin juga kan tiba-tiba kita berhenti makan sedangkan itu adalah kebutuhan.
 
Ada 4 hal yang perlu diperhatikan sebagai upaya mengatasi kebiasaan makan sembarangan ini.
 
1. Cobalah Fokus Pada Makanan.
Kunyahlah makanan Anda secara perlahan. Rasakan rasa dan tekstur makanan ketika mengunyah. Hal ini akan membuat proses makan akan lambat tapi sisi positifnya selain makanan terkunyah sempurna, secara psikologis otak akan menyadari bahwa diri ini sedang makan. 
 
Ketika semua proses makan dikenali secara sempurn oleh otak maka Anda pun akan menyadari ada rasa kenyang. Setiap elemen tubuh; mata, lidah, tangan, dan perut akan terlibat secara sadar dalam proses makan ini. Inilah proses makan yang normal. 
 
2. Simpan Makanan Ringan Di Tempat yang Tidak Terlihat.
Adakalanya kita makan atau ngemil karena begitu mudah kita menjangkau makanan. Misalnya, ketika kita menonton tivi, di samping kita, di meja, tersedia aneka makanan ringan. Apa yang terjadi, tanpa sadar tangan kita menjangkau makanan itu dan melahapnya. Bener tanpa sadar lho!
 
4 tips sederhana mengatasi kebiasaan makan
Satu hal yang dapat kita lakukan adalah menyimpan aneka makanan ke tempat yang tidak terlihat dan terjangkau. Jauhkan makanan dari meja kerja, meja belajar, meja keluarga, dan rak tivi. Terutama makanan ringan atau snack, kerap jadi pemicu kebiasaan ngemil ini. 
Makanan yang ada dalam jangkauan kita memiliki peluang lebih besar untuk dimakan dari pada makanan yang jauh dan tidak terlihat.
 
3. Gunakan Wadah Ukuran Kecil Saat Makan
Strategi lain untuk memerangi makan berlebihan adalah dengan memanipulasi visual. Ini penting untuk bisa mengontrol porsi makan kita. Caranya mirip dengan prinsip mangkuk sup di atas. 
 
4 tips sederhana mengatasi kebiasaan makan
Coba gunakan piring yang lebih kecil dari piring biasa yang sering digunakan ketika Anda makan.  Porsi yang sama ketika diletakan di atas piring kecil akan terlihat banyak. Hal ini secara tidak sadar akan membuat Anda mengurangi porsi makan Anda. Tapi anehnya, Anda akan merasakan kenyang yang sama seperti memakan porsi dengan piring normal. Trust me!
 
4. Bertanya Pada Diri Sendiri: Apakah masih lapar?
Ada baiknya mengajak dialog diri sendiri ketika Anda makan. Dialog di sini maksudnya bertanya pada hati, bukan dialog seperti sinetron ya.
 
Ketika selesai makan satu porsi dan Anda berniat ingin nambah, cobalah berhenti barang semenit. Ambil nafas dalam-dalam. Cobalah bertanya pada diri sendiri; untuk apa nambah porsi, apakah bener masih lapar? Atau hanya untuk memperturutkan indera perasa saja?
 
Kalau bicara energi, satu porsi nasi dan lauk pauknya sebenarnya cukup untuk memenuhi energi tubuh. Sebagai mana kita ketahui perut kita idealnya dibagi tiga bagian; makanan, air dan udara. Terlalu banyak asupan makanan tubuh justeru akan terasa lemas. Pencernaan memerlukan tenaga ekstra untuk mencerna.
 
Jadi, kalau makannya nambah terus itu tandanya Anda hanya sedang memperturutkan indera perasa saja.
 
Kesimpulan:
Cobalah untuk menerapkan 4 tips di atas untuk kesehatan Anda. Makan berlebihan dan tidak teratur, apalagi makan makanan instan tidak baik untuk tubuh. Percaya deh.
 
Jangan menyimpan makanan atau cemilan di dekat tivi atau meja belajar. Makanlah di meja makan, jangan biasakan makan sambil nonton tivi. Gunakan piring yang lebih kecil, dan yakinkan diri Anda bahwa Anda makan karena Anda butuh tenaga untuk hidup. 
 
Bagaimana, makan apa Anda hari ini? 
 
 
 
 
 
 
 
Tanda2BTangan2BAhmad2Bmiring-4