2

Cara Menemukan Tulisan Copas Dari Blog Kita

Tuturahmad.com – Sebagai blogger akan sangat senang jika tulisan kita bisa menginspirasi orang lain. Tulisan yang kita buat dengan ide dan riset terlebih dahulu tentunya memiliki bobot yang luar biasa, baik dalam penulisan maupun dalam penyajian. Terasa gimana gitu jika tulisan hasil karya kita bisa nangkring di page one google.

Namun gimana pula rasanya jika tulisan yang kita buat dengan susah payah ternyata diduplikat atau dicopas oleh orang lain dan diposting di blognya? Tanpa menyertakan sumbernya pula. Sakitnya tuh di sini, kata Ceu Cita Citata mah.

Bukan rahasia lagi jika dalam dunia blog, ada blogger plagiat atau duplikat. Mereka membuat postingan dengan meng-copy tulisan blogger lain dan mem-pastenya di blog sendiri. Tanpa menuliskan sumber, seolah itu tulisan hasil karya sendiri.

Temukan tulisan copas dengan Plagiarism Checker Tool

Bagi Agan – agan yang curiga tulisannya ada yang copas-in, cek aja di Plagiarism Checker Tool. Sebuah tool yang bisa mendeteksi tulisan kita apakah ada yang menyalin dan copas oleh orang lain atau tidak.

Caranya gampang, silahkan Agan-agan masuk ke Plagiarism Checker Tool. Nanti di halaman yang terbuka ada kotak kosong, di pinggirnya ada keterangan Please Paste Yout Text Here. Buka artikel mana saja dalam blog Agan-agan yang dicurigai ada yang copas. Copy satu atau dua paragraf saja. 

Kemudian paste-kan di kotak kosong di halaman Plagiarism tadi. Isi captcha yang berupa penjumlahan dengan benar. Kemudian submit. (Lihat gambar)

plagiarism cheker

Nanti akan terbuka kotak hasil Plagiarism Cheker. Klik saja konten yang ada di kotak itu, dan kita akan dibawa ke halaman google yang menampilkan web atau blog yang memiliki kesamaan kata dan tema. Silahkan buka satu-satu, adakah blog atau web yang meng-copas tulisan kita? Tulisan sendiri biasanya mudah dikenali.

plagiarism cheker - http://tuturahmad.blogspot.co.id/

Mugkin itu yang bisa dibagikan oleh Si Akang ini sebagai info ringan, seringan kurupuk Pak Agus. Semoga bisa menginspirasi. Tetap semangat. Tetap menulis. No Copas!

Ahmad Andriana

2 Comments

Tinggalkan Balasan