Blogging

Cara Mengetahui Kecepatan Blog

Salah satu faktor yang mendukung page views sebuah blog adalah kecepatan loading blog. Ya, blog yang fast responsive sangat disukai pengunjung. 

Kebayang dong, ketika kita klik sebuah konten tapi ternyata loadingnya saja lambat sampai setengah jam! Mending kabur deh.

Saya kira itu juga salah satu penyebab kita sering kehilangan pageviews.
Terus kita tahu blog kita cepat atau lambat loadingnya dari mana? Cara mengetahui kecepatan blog itu gimana? Pasti itu pertanyaannya. Iya kan? Ngaku deh.

Si Akang ini tiap sebulan sekali selalu cek kecepatan blog ini. Tujuannya biar bisa tahu kecepatan blognya masih oke atau sudah melambat.

Ada 3 website yang biasa saya pakai buat cek kecepatan loading blog

1. Pingdom
Tadi pagi saya cek kecepatan Tutur Ahmad di Pingdom. Hasilnya sangat memuaskan. Perform Grade blog ini 84/100, kecepatan loading 3,78 detik. Kecepatan normal sebuah blog adalah 75/100. Berarti blog Si Akang lumayan cepet ya *angkat dagu*

pingdom - http://tuturahmad.blogspot.com/
Pingdom

2. Webpagetest
Web ini menampilkan laporan dengan sangat lengkap, dan disertai infografik penelusuran tiap page, image, postingan, dll.

Di web ini Tutur Ahmad dapat nilai A untuk First Byte Time, Keep Alive Enable, dan Compress Transfer, tapi dapat F untuk Compress Image dan Cache static content.

webpagetest - http://tuturahmad.blogspot.co.id/
Webpagetest


3.Gt metrix
Di sini blog Si Akang dapat nilai A untuk pagespeed score, tapi D untuk YSlow Score 🙁

gtmetrix - http://tuturahmad.blogspot.co.id/
Gtmetrix


Setidaknya dari 3 website pengukur kecepatan, blog Tutur Ahmad tergolong blog berkecepatan tinggi. Alhamdulillah.

Meski tetap ada yang harus diperbaiki, yaitu masalah compress image dan cache static.

Dari rutinnya kita melakukan cek kecepatan blog setidaknya kita akan tahu setiap permasalahan pada blog kita. Ibarat rumah, kita mesti telaten merawat dan memeliharanya, siapa tahu ada yang rusak, ada yang bocor gentingnya. Jadi kita bisa tahu dan siapkan langkah antisipasinya.

Ayo, yang merasa punya blog cek kecepatan blog kalian!
Tags :