13

Serunya Latihan Memanah

http://tuturahmad.blogspot.co.id/
Serunya Latihan Memanah

TuturAhmad – Ini tentang keseruan saya yang pertama kali banget nyobain memanah. Bener loh, seru banget. Sebenarnya kalau dibilang pertama kali sih engga juga, dulu waktu kecil juga Si Akang ini pernah bikin busur dan panah dari bambu. Busurnya terbuat dari bilahan bambu seukuran jari bekas pagar sayuran. Anak panahnya terbuat dari bambu juga, kadang dari lidi, tali busurnya dari karet gelang *Itu beneran panah??*

Tapi yang mau saya ceritakan ini panah beneran, asli. Saking aslinya, tangan saya sampai keringatan dan gemeteran pegangnya. Kejadiannya di Dago Tea House. Awalnya saya, dan beberapa teman kantor datang ke lokasi bukan buat panahan, da akumah apa atuh tujuan sebenarnya kita ke sana adalah melakukan misi menyaksikan drama musikal Muhammad Al Fatih. Ini beneran misi, kantor yang nugasin, karena ke depannya ada core bisnis yang ngurusin tentang EO gitu.

Kita singkat aja ceritanya ya *benerin duduknya*. Saya ga akan nyeritain drama musikalnya, karena ceritanya sangat populer, pasti semua orang hafal deh. Tentang sultan muda di Turki Ottoman, Mehmed II, anaknya Sultan Murrad. Mehmed II akhirnya naik pelaminan tahta ketika ayahnya, sultan Murrad, wafat. Terus ada dua orang aneh yang jualan parfum MQ, eh… Ah, sudahlah, ceritanya aneh memang. Kita kembali ke awal, serunya saya berlatih panah. Jreng jreng!

memanah seru - http://tuturahmad.blogspot.co.id/
Butuh konsentrasi tingkat tinggi ketika memanah

Yang ngadain itu MQ Archery. MQ Archery adalah salah satu fasilitas olahraga yang didirikan oleh KH. Abdullah Gymnastiar sebagai jalan memudahkan masyarakat untuk berlatih olahraga yang sunah. Kebetulan di acara kemarin MQ Archery buka stand di sana, pas pintu halaman gedung tepatnya.

Berlatihnya cuma sebentar, gratis pula, cukup isi biodata aja. Setelah itu si pemandunya nerangin seputar per-panahan; busur (ingat pake S jangan pake J), jenis-jenis busur, ukuran busur, anak panah, posisi megang busur (pake S yaa), dll. Penjelasan ini penting supaya kita bisa memahami dengan benar menggunakan si busur tersebut.

memanah seru - http://tuturahmad.blogspot.co.id/
Akang Pemandunya ga mau saat diminta jadi objek

Busur yang kami pegang adalah busur tradisional, buatan Majalengka kalau tidak salah. Terbuat dari bambu dengan handling dari kayu.

Memanah adalah olahraga yang memberi manfaat menjaga fleksibilitas otot jari, lengan, hingga pundak, melatih ketajaman mata. Memanah juga melatih konsentrasi, fokus, kesabaran, dan kedisiplinan.

memanah seru - http://tuturahmad.blogspot.co.id/
The Archers SMI

Tangan kiri saya yang memang jarang mengeluarkan tenaga begitu bergetar ketika tangan kanan saya menarik tali busur hingga ke pipi. Otomatis busur goyang, mata panah bergeser dari bidikan. Di sinilah konsentrasi diperlukan. Kata si pemandunya, arahkan mata panah ke arah bawah jam 6 dari bidikan. Jadi maksudnya, di bulatan objek bidikan yang disediakan kita bayangkan jam 6 sebelah mana, terus arahkan mata panah tepat dibawah jam 6. Padahal kebiasaan kita ketika membidik sesuatu selalu ke tengah, tepat ke sasaran yang diinginkan. Ternyata itu salah, karena ketika kita melepaskan anak panah akan ada hentakan akibat dari tenaga tarikan tali, belum lagi kecepatan angin yang akan mempengaruhi arah anak panah.

Dan, siiing…jleb! Anak panah yang saya lepas menancap sempurna di hatinya lingkaran bidikan. Di lingkaran warna biru. Hanya beberapa centi meter dari pusat bidikan. Horeeee *gemuruh tepuk tangan*.

MEMANAH ADALAH SUNAH
Rasulullah saw. sangat menganjurkan agar seorang muslim peduli dengan persiapan berjihad di jalan Allah. Berkuda dan memanah adalah dua kegiatan yang terkait dengan hal itu. Sebagaimana perkataan beliau dalam sebuah hadits,

“Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah!” (Abu Daud – 2153)

“Tidak ada hiburan kecuali dalam tiga hal; seorang laki-laki yang melatih kudanya, candaan seseorang terhadap istrinya, dan lemparan anak panahnya. Dan barang siapa yang tidak memanah setelah ia mengetahui ilmunya karena tidak menyenanginya, maka sesungguhnya hal itu adalah kenikmatan yang ia kufuri” (Nasai – 3522)

Setelah nyobain, dan terasa asyik, kok terasa jadi ketagihan gitu ya. Kayak ada manis-manisnya gitu. Apalagi setelah tahu manfaatnya, pentingnya, dan dapat pahala pula, karena ini adalah olahraga yang disunahkan nabi. Jadi kepikiran buat beli peralatannya, sebab kalau bikin seperti yang dibikin waktu kecil kayaknya jauh dari nyunah deh *tutup muka*

MQ Archery selain menawarkan coaching memanah mereka juga menjual peralatan memanah. Satu paket lengkap; busur standar, anak panah 6 buah, dll seharga 1.400.000. Hemm, mesti nabung inimah.

Sepanjang perjalanan pulang hanya ada dua hal yang kepikiran; kapan bisa latihan memanah lagi, dan kenapa ada dua orang aneh penjual parfum di cerita Al Fatih?


Ahmad Andriana

13 Comments

Tinggalkan Balasan