2

WILD; Film Durasi 2 Minggu

Akhirnya berhasil juga tuntasin film Wild. Ini film terlama yang pernah saya tonton. Durasinya 2 minggu! Hehehehe. Enggak ketang, durasi filmnya cuman 2 jam kurang deh, cuman emang saya butuh waktu sekitar 2 minggu buat namatinnya.
Pertama nonton di jam istirahat kantor, sambil makan siang gitu. Tapi karena waktunya terbatas jadi gak tuntas deh tuh nonton. Ditambah lagi adegan awal-awal mbosenin banget nih film. Cuman nampilin perjalanan seorang wanita yang lagi hikking. Ditambah scene-scene flashback gitu. Alhasil, nih film masuk dalam daftar tunggu untuk ditonton selanjutnya.
Hingga tibalah di suatu akhir pekan  disaat saya fakir film, tak ada satupun film saya miliki. Hingga kemudian saya teringat di flashdisk ada film Wild yang belum tuntas. Nonton deh dengan terpaksa.
Eh, ternyata film ini sangat mengasyikan dan menginspirasi.
Ceritanya sih amat sederhana menurut saya, tapi begitu menyentuh. Karena memang ternyata ini kisah nyata. Film ini mengisahkan seorang wanita yang bernama Cheryl Strayed (Reese Witherspoon) yang mencoba keluar dari masalah yang sedang mengguncang kehidupannya; kematian ibunya akibat kanker, pernikahan yang kandas dan ketergantungan akan narkoba. Demi melupakan itu semua dan sebagai upaya mengobati luka hati Cheryl memutuskan untuk berjalan kaki ribuan mill, dan pilihannya jatuh pada jalur Pacific Crest Trail yang memiliki panjang 2000 mil, seorang diri.

Sepanjang film kita diajak untuk semakin mengenal tokoh kita ini, Cheryl. Dengan scene flashback dan narasi yang menguatkan cerita. Kita jadi tahu begitu kacaunya kehidupan Cheryl hingga dia memutuskan perjalanan yang begitu nekad itu. Kita akan disuguhi adegan demi adegan menarik  bagaimana ketika seorang yang telah kacau mencoba keluar dari kekacauan namun harus terlebih dahulu berhadapan dengan kekacauan lainnya, dari nyeri otot, cuaca buruk, hingga orang-orang sekitarnya.

Ketangguhan Cheryl dalam menaklukan alam dan luka hatinya, dipadu dengan keindahan alam yang tersaji selama dalam adegan perjalanan merupakan keunggulan film drama ini. Gambarnya bagus banget dengan teknik sinematographi yang lembut. Bisa dibilang, nih film gak neko-neko. Cerita dan keindahan alam telah cukup untuk jadi alasan dua jempol.
Inti dari film ini menurut saya adalah, bagaimana sebuah jati diri kadang ditemukan dalam sebuah perjalanan panjang. Segala kesulitan, keterbatasan dan rintangan tanpa sadar telah mampu memunculkan pribadi yang tangguh, yang lepas dari ketergantungan yang selama ini membelenggu.
So? Mending tonton deh filmnya. Bagus kok!
Selesai nonton film ini, saya jadi pengen hikking euy, suer!. 

Ahmad Andriana

2 Comments

Tinggalkan Balasan